Saturday, October 27, 2007
Trik Pasang Ban Depan
Pasang roda depan di sokbreker motor bebek tampaknya memang sepele. Apalagi kalau ngomong secara teori, pasti gampang. Tapi pada kenyataannya, justru ribet. Bahkan bila perlu minta bantuan teman sekitar kalau otak udah kehabisan akal. Aduuhhhh...!
“Itu sih kalau yang pasang tidak tahu tekniknya. Sebab begitu roda mau dipasang ke tabung sok, biasanya salah satu tabung ada yang mutar hingga sulit dimasukin poros roda. Apalagi sepatbor depan bebek nggak terikat macam motor sport. Gimana tidak kesal,” ujar Ajat Sudrajat, mekanik Suzuki Jayadi Motor, Pondok Gede, Bekasi.
Nah, biar gampang pasangnya, Ajat kasih trik cara pasang ban yang tepat dan cepat. Pokoknya dijamin tidak dongkol meski di sekiling tidak ada orang untuk dimintai bantuan.
Hal pertama yang mesti dilakukan, posisikan dulu kedua tabung sok sejajar dan mengarahkan setang lurus ke depan (gbr. 1). Berikutnya tempatkan roda depan ke sisi tabung sok kanan dan jangan lupa bos as roda dipasang.
Pastikan cakram terjepit kampas di kaliper dan posisi lubang di tabung sok, teromol dan bos teromol sejajar (gbr. 2). Kalau sudah pas, masukan poros roda perlahan sampai ujungnya muncul di lubang teromol sebelah kiri.
Ketika ujung poros muncul sedikit, langkah berikut masukan rumah gigi spidometer ke teromol. Juga sambil diikuti mengarahkan tabung sok sebelah kiri agar lubang dan nok sejajar sama posisi masuk as roda (gbr. 3).
“Lalu dengan langkah cepat, pangkal as roda ditekan hingga as benar-benar masuk dan tidak meleset. Baru deh masukan mur ke ulir dan kencangkan pakai kunci ring 17,” tutup Ajat.
Tuh kan, mesti tau dulu praktiknya.
Sumber : Tabloid Motor Plus
Reporter : Kris Julianto
Fotografer : M. David Srihanoko
Labels: Tips Perawatan Motor
OEJ2dX The best blog you have!