Google


...Hadiri Kopdar rutin TRAVIC setiap Jum'at,mulai jam 19.00 di Taman Suropati,Menteng Jakarta Pusat...&....Latihan Futsal Setiap Rabu mulai Jam 19.30-21.00 di Taman Menteng,Jakarta Pusat.....be there...be the real TRAVICERS....

Selamat datang di TRAVIC,Anda pengunjung ke-blog counter

Untuk tampilan terbaik gunakan Mozilla Firefox


Saturday, November 10, 2007
Slang Pernafasan Jangan Salah Posisi
Memasuki musim hujan, slang di motor perlu perhatian ekstra. Jangan sampe motor pilek karena slang pernafasan (breather) tersumbat. Tapi, menurut Freddyanto Basuki, lebih penting lagi memperhatikan posisi slang pernafasan. “Jika posisinya salah, bukannya ngalirin udara keluar justru nyedot air,” tegas kepala divisi technical service PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) itu.

Berikut beberapa posisi slang yang nggak boleh salah.

PERNAFASAN MESIN
Ini pengalaman selama geber Kawasaki Ninja. Belakangan terlihat embun di kaca pengintip oli di bak kopling. Dari pengalaman pake motor berpendingin radiator, ini ciri ada kebocoran cairan pendingin. Tapi, menurut Freddy, sapaan Freddyanto Basuki, bukan itu sebabnya.

Menurutnya, selama oli nggak jadi keputihan, embun itu adalah uap air yang terbawa masuk lewat saluran pernafasan. “Uap air masuk karena posisi slang pernafasan mesin salah,” tunjuk pria berbodi ‘kutilang darat’ itu. Iya, singkatan dari kurus, tinggi, langsing, dada, rata.

Mestinya, posisi slang pernafasan mesin lebih tinggi dari lubang di mesin. Di motor lain, slang pernafasan ada yang dimasukin ke boks filter udara. Maksudnya mencegah air masuk karena perbedaan tekanan udara.

“Saat motor baru dihidupkan, dalam kondisi dingin, tekanan udara di mesin lebih rendah dari udara luar. Ini biasanya terjadi sekitar 3 sampai 5 menit pertama. Kalo ada uap air di sekitar slang pernafasan akan tersedot ke mesin. Jika berulang, akumulasi uap air tadi akan terjebak dan jadi embun yang terlihat di kaca pengintip,” urai Freddy.

SLANG BUANG TANGKI BENSIN

Di bagian bawah tangki Kawasaki Ninja, ada lubang. Tapi ini bukan slang pernfasan.Ini slang pembuangan. Fungsinya membuang bensin jika isinya melebihi kapasitas tangki. Sekaligus jalur pembuangan air jika tutup tangki tersiram air dari atas saat nyuci, atau kena hujan.

“Banyak yang salah kaprah. Slang pembuangan tangki bensin Kawak Ninja malah diarahkan ke atas. Malah ujungnya sampai melebihi tutup tangki. Akibatnya, air bukannya terbuang, tapi malah nyelonong ke tangki bensin. Bensin berlebih juga malah meluber ke atas tangki,” urai Freddy.

Air masuk tangki lebih bahaya. Karena berat jenisnya lebih berat dari bensin, air langsung ke dasar tangki. Lalu turun ke karburator dan ikut masuk ke ruang bakar. Ujung-ujungnya mesin mbrebet. Bahkan piston bisa rusak karena efek water-hammer.

DUA SLANG DI KARBURATOR

Di karburator, biasanya ada dua slang. Yang di bawah mangkuk karbu slang pembuangan, jika bensin banjir. Slang lainnya, di bodi karbu,adalah slang pernafasan.

Menurut Freddy, yang perlu diperhatikan posisi slang pernafasan. Sebab posisinya mempengaruhi aliran bahan bakar ke mangkuk karburator. “Banyak yang nggak peduli slang ini. Ada yang hilang, nggak diganti. Kalau pun masih ada, posisi masangnya nggak bener. Harusnya posisi slang pernafasan karburator ke atas, lalu ujungnya ditekuk ke bawah biar nggak kemasukan air,” jelas pria yang suka memakai topi dengan posisi miring itu.

Pernah juga dialami oleh Ahak dari Hak Motor. Dia tinggal di daerah banjir dan banyak konsumen datang mengeluh. Sering kejadian di bebek, seperti Honda Grand atau Supra. Slang pembuangan bensin menjulur ke bawah. “Eh tahunya nyedot air,” jelas Ahak.

Untuk itu dia kasih nasihat. Slang pembuangan bensin ditarik ke atas dulu. Baru dijulurkan ke bawah.

Reporter : Aries L. Susanto
Fotografer : Endro Suryono
Sumber : Tabloid Motor Plus

Labels:

 
posted by TRAVIC at Saturday, November 10, 2007 | Permalink |


6 Comments:


At Sunday, April 15, 2018, Blogger Unknown

Bang kalo selang pernafasan pada bodi karburator kalo di tutup ngaruh gak bang ??

 

At Saturday, July 07, 2018, Blogger Unknown

Bang ninja r pnyaku koh klo di nyalain mesinya
Bensin kluar dr selang tangki buang

 

At Saturday, December 08, 2018, Blogger Unknown

Ibarat kyk manusia hidungnya ditutup

 

At Tuesday, December 10, 2019, Blogger Unknown

Kalo di Mio karbu pada box filter itu ada 2 lubang berdekatan posisinya dismping kiri berdekatan atas bawah,apa fungsinya?

 

At Thursday, December 19, 2019, Blogger Unknown

Tolong dong gan video tutorial pemasang selang² ninja 250 karbu

Genting sangat ni gan. Thx

 

At Friday, May 28, 2021, Blogger Unknown

Cara masang selang pernapasan tangki yg bnar gmn kak