Google


...Hadiri Kopdar rutin TRAVIC setiap Jum'at,mulai jam 19.00 di Taman Suropati,Menteng Jakarta Pusat...&....Latihan Futsal Setiap Rabu mulai Jam 19.30-21.00 di Taman Menteng,Jakarta Pusat.....be there...be the real TRAVICERS....

Selamat datang di TRAVIC,Anda pengunjung ke-blog counter

Untuk tampilan terbaik gunakan Mozilla Firefox


Saturday, December 08, 2007
Antara Pertamina, Shell dan Petronas

Penasaran terhadap mutu tiga produsen bahan bakar, MOTOR Plus melakukan komparasi. Yakni pemain lama Pertamina, Shell dan Petronas. Pengetesan dilakukan terhadap bahan bakar yang memiliki nilai oktan sama. Yakni RON 92. Pertamina punya Pertamax, Petronas punya Primax 92 dan Shell ada Super.

Menggunakan bantuan Dynojet milik PT Trimentari Niaga, MOTOR Plus melakukan pengetesan pada motor skubek terbaru milik PT Indomobil Niaga International, Skywave 125. Untuk mendapatkan hasil maksimal, dilakukan beberapa kali pengetesan. Bagaimana power, torsi dan akselerasi yang didapat dari pengetesan ini. Lihat yuks.

POWER

Terlihat dalam grafik, tenaga maksimun didapat dari Petronas Primax 92, yakni 7,88 dk diputaran mesin 6.490 rpm. Kedua ditempati Shell dengan power maksimum 7,81 dk pada kitiran 6.450 rpm. Paling bawah dihuni Pertamax dengan 7,31 daya kuda pada rpm 6.200 rpm.

Agak unik terlihat di grafik, yakni terjadi penahanan atau penurunan putaran mesin yang tajam setelah mencapai peak power. Shell dan Petronas turun kurang lebih 200 rpm sebelum stabil di tenaga di kisaran 7 dk.

Hal ini tidak terjadi pada Pertamax. Setelah peak power, memang terjadi penurunan tenaga namun dengan putaran mesin relatif sama. Jadi, tidak ada gejala seperti menahan rpm.

Shell dan Petronas relatif stabil pada tenaga 7 dk di putaran mesin 6.500 sampai 8.200 rpm. Bahkan Shell mencapai tenaga lebih tinggi dibanding pesaingnya yakni 7,2 dk di rpm menjelang 8.000.

Secara umum penggunaan Petronas dan Shell motor lebih bertenaga. Perbedaannya bisa mencapai 0,5 dk dibanding Pertamax. Power atau tenaga berbanding dengan boros. Apalagi di tengah kemacetan untuk menyalip butuh tenaga mumpuni. Sekali gas sudah dapat tenaga. Jadi, tidak perlu pelintir gas lebih dalam. Ini yang diprediksi bisa membuat lebih irit.

TORSI
Penggunaan bahan bakar Petronas bisa mencapai torsi tertinggi 6,39 (ft-lbs). Tapi, itu didapat ketika putaran mesin hampir mencapai 6.500 rpm. Sedangkan Shell dicapai pada 6.450 rpm dengan torsi maksimal 6,37 (ft-lbs). Meski Pertamax boleh dibilang paling rendah yaitu 6,20 (ft-lbs), tetapi dilihat dari grafiknya, justru paling stabil.

Pertamax dapat torsi maksimal pada 6.200 rpm. Selain lebih cepat, dari grafik dynotest terlihat penggunaan Pertamax tidak mengalami penurunan drastis setelah mencapai torsi maksimal. Justru Pertamax paling konstan penurunannya. Bahkan, pada 7.000- 7.500 rpm, Pertamax paling bagus dibanding Petronas dan Shell yang justru lebih rendah.

Artinya, kalau dilihat dari grafik secara total, Pertamax paling menguntungkan. Kan penggunaan motor dalam kondisi di jalan paling juga ada di kisaran 6.000-7000 rpm.

AKSELERASI

Demikian pula pada grafik pengetesan akselerasi. Penggunaan Pertamax jauh lebih bagus. Kecepatan 100 km/jam bisa diraih dalam 16 detik. Sementara, Shell dan Petronas baru mencapainya saat lebih dari 19 detik.

Putaran bawah malah bedanya cukup tinggi. Hanya dalam waktu 8 detik, Pertamax sudah mencapai 80 km/jam. Petronas dan Shell baru di kisaran 70 km/jam.

Pertamax baru kalah dalam top-speed. Shell mampu mencapai kecepatan maksimal pada 106,64 km/jam. Sedang Petronas hanya bisa raih 105, 59 km/jam. Top speed Pertamax memang hanya 106,55 km/jam. Tapi, itu diraih dalam waktu tak sampai 20 detik. Kalau kedua bahan bakar lainnya, baru sampai top speed di atas 22 detik.

Reporter : Achmad Suhendra, Sugeng Budiarto
Fotografer : Gusti Bambang I.J., < Dokumentasi >
Sumber : Tabloid Motor Plus

Labels:

 
posted by TRAVIC at Saturday, December 08, 2007 | Permalink |


2 Comments:


At Friday, July 25, 2008, Blogger ydewata

Kalau ganti-2 produk dari pertamina ke petronas gitu apakah ada pengaruh bagi mesin? Thanks

 

At Tuesday, August 15, 2017, Blogger Abigail Bukai

What's happening, great site you've gotten right now
http://mymedicalfinds.com/zithromax-online.html